بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Minggu, 16 Desember 2012

TUGAS PIK


TUGAS PIK

HARI YANTO(panji)

Smester 2

018881779

A)   Kabar terakhir, walikota Solo ini mengkampanyekan mobil buatan Anak Negeri, yakni siswa-siswa SMK 2 dan SMK Warga Surakarta. Ia pun tidak sekadar berkampanye, tapi juga menjadikan mobil buatan pelajar Solo itu. Sebelumnya, ia dikabarkan menolak untuk mengganti mobil dinas lamanya sedan Toyota Camry dengan mobil baru. Mobil warna hitam bermerek “Kiat Esemka” langsung dipasangi plat nomer AD 1 A. Jokowi mengaku senang sekaligus bangga dengan mobil buatan anak Indonesia yang menurutnya tidak kalah dengan buatan Jepang tersebut. Ini menjadi contoh keberpihakan Jokowi pada produk buatan dalam negeri. Meski tentu saja, mobil ini kudu melewati ujian panjang di lapangan.

>>>>>Paragraph di atas yang kalimatnya di cetak dengan warna merah adalah salah satu contoh dari model komunikasi INTRAPRIBADI,di mana kalimat tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya tingkah laku nonverbal seseorang apakah bervalensi positif,netral,atau negative,di pengaruhi oleh isyarat2 pribadi dan public yang di alami atau kepada dirinya,Rasa senang sekaligus bangga adalah contoh isyarat pribadi yang bervalensi positif.

 

B)   Kandidat gubernur DKI Jakarta 2012, Joko Widodo atau Jokowi, menegaskan bahwa ia akan melakukan pendekatan terhadap warga untuk menyelesaikan masalah-masalah warga, termasuk permukiman ilegal. Di situlah ia memiliki kekuatan.Hal itu disampaikan ketika menjawab pertanyaan pembawa acara dalam debat kandidat kepala daerah DKI Jakarta bertema "Jakarta Memilih: The Final Round" di Studio MetroTV, Minggu (16/4/2012) malam. Jokowi mengatakan, pendekatan terhadap masyarakat itu penting dalam menyelesaikan masalah warga seperti penggusuran.

>>>>>>Di atas adalah model komunikasi GERBNER ,model verbal di mana termaktup unsure unsur seperti yang di sebut dalam model tersebut di antaranya:

~Someone:JOKOWI ahok

~perceives an event:untuk menyelesaikan maslah DKI

~ andreact: harus melalui pendekatan-pendekatan terhadap warga

~in a situation:kesemrawutan pemukiman warga.

~throught some mean:studio TV

~to make available:masyarakat/warga DKi

~in some form:debat

~and context:kampanye Ca Gub/cawa Gub DKI

~conveying content:kemakmuran warga DKI

~of some consequence:kepercayaan untuk memilih jokowi semakin meningkat.

 

 

C)   Iklan jokowi ahok di jejaring social dan media yang bertemakan JAKARTA BARU dengan kostum kemeja kotak kotak yang bermakna” tidak ada nya lagi pengkotak kotakan atau perbedaan antara warga,suku,agama yang semua memiliki hak yang sama untuk memajukan Jakarta”(kata ahok) dan Presentasi Jokowi di depan Relawan Jakarta Baru.mendapat kan apresiasi warga masyarakat DKI baik dari kalangan atas menengah dan kebawah. "Semakin sering membaca koran semakin besar kecenderungan untuk mendukung Jokowi-Basuki. Ini indikasinya kelas menengah lebih kuat ke Jokowi karena yang mengakses media sosial maupun koran.

>>>>>Di atas adalah Model Komunikasi LASSWELL.

Di mana ada 5 unsur yang mempengaruhinya yaitu:WHO?,SAYS WHAT?,IN WHICH CHANELS?,TO WHOM?,WITH WHAT EFFECT?.

~Who? jokowi ahok

~Says what? ” tidak ada nya lagi pengkotak kotakan atau perbedaan antara warga,suku,agama  yang semua memiliki hak yang sama untuk memajukan Jakarta”

~ In which chanels?,jejaring social,media,dan presentasi.

~To whom?relawan dan seluruh warga masyarakat DKI.

~With what Effect? Semakin sering membaca koran semakin besar kecenderungan untuk mendukung Jokowi-Basuki. Ini indikasinya kelas menengah lebih kuat ke Jokowi karena yang mengakses media sosial maupun koran.

 

 

D)   Joko Widodo, calon gubernur DKI Jakarta berkampanye dengan mengunjungi warga di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (14/9/2012)

>>>>>Model komunikasi RILEY & RILEY

Model komunikasi ini lebih bersifat sosiologis.Menurut mereka aksi dan reaksi para pelaku komunikasi tidak hanya di tentukan oleh dirinya sendiri tetapi juga di pengaruhi oleh factor factor di luar dirinya(factor lingkungan),terutama yang berkaitan dengan pengaruh klompok primer dan klompok lain yang menjadi rujukan.

 

 


E)   Jakartabaru.co - Pengajuan surat pengunduran diri Wali Kota Surakarta Joko Widodo pada Senin (1/10/2012) pagi, langsung ditindaklanjuti rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah Kota Surakarta pada Senin malam (1/10/2012).

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD YF. Sukasno itu membahas dua agenda yaitu, usulan pemberhentian wali kota Surakarta masa jabatan 2010-2015, dan usulan pengangkatan walil wali kota Surakarta menjadi wali kota Surakarta masa Jabatan 2010-2015.

Meski sempat molor satu jam, sidang yang dihadiri 35 anggota dari 40 anggota itu secara aklamasi menyetujui pemberhentian Joko Widodo atau Jokowi dari jabatan wali kota Solo tertanggal 1 Oktober 2015. Sidang juga menyetujui FX.Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota Surakarta menggantikan Jokowi hingga 2015.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, surat pengunduran diri Joko Widodo sebagai wali kota Surakarta resmi diserahkan kepada DPRD Surakarta, Senin (1/10/2012).

Surat itu diantarkan Sekretaris Daerah Budi Suharto, mewakili Joko Widodo yang berhalangan. Surat tersebut diterima Wakil Ketua DPRD Solo dari Fraksi Partai Demokrat, Supriyanto. [M Wismabrata]

 

 

>>>>>Pernyataan surat pengunduran diri jokowi sebagai walikota solo adalah model komunikasi SIRKULER dari OSGOOD dan SCHRAMM.di mana proses komunikasinya adalah komunikan mengambil ini siatif sebagai komunikator membentuk pesan dan di sampaikan melalui saluran komunikasi tertentu(surat) kepada lawan(DPRD Solo) yang bertindak sebagai penerima pesan.dan bila ada tanggapan dari penerima maka selanjutnya adalah pemecahan kode dan umpan balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar